Jumat, 08 Juni 2018

#Modyarhood : Anak vs Saudara Sepupu

Sebelum cerita tentang Anak vs Saudara Sepupu, saya mau cerita dulu nih. Kalau Aqilah di umurnya 6 tahun, baru sekali ke bioskop liat film! :D dan itu liat film Neighborhood Totoro yang jadul itu. Masalahnyakan, kalau mau ajak liat film, (saya) harus milih-milih film apa yang pas buat dia. Mau ngajak nonton Petualangan Sherina, tapi kok ya gak tayang ulang di bioskop :P 
Tapiiii bentar lagi ada film terbaru dari Miles Film! Wohoooo cant hardly waiiit!! Semoga bisa nonton premiere sama akak! Aamiin..

Kalau belum tau apa filmnya, ini dia trailer Kulari Ke Pantai... 😍😍


Saudara sepupu Jaman Old :D 

Saya anak bungsu dari 3 bersaudara. Sedangkan Bapak Ibu saya anak sulung di keluarganya. Jadi saya dan 2 kakak saya adalah sepupu yang paling tua di keluarga besar. Seingat saya, tante hamil ketika saya sudah SD, makanya jarak umur antar sepupu lumayan jauh. Ketika kami sudah ABG, sepupu-sepupu kami masih kecil-kecil hehehe

Karena terpaut umur yang jauh itu kali yah, jadi kami ga begitu dekat satu sama lain. Meskipun ga terlalu dekat dan ga suka curhat-curhatan, tapi dulu hampir setiap hari minggu, saudara sepupu yang tinggalnya dekat rumah pasti suka nginep. Apalagi ketika lebaran, sudah pasti rameee kumpul sama saudara-saudara.

Yang paling diinget ketika Mbah bagi-bagi angpau buat cucu-cucunya. Kalau kata Mbah, yang paling gede umurnya yang dapat paling besar angpaunya.

Kok kayak ga adil yaaa?

Alasannya Mbah, kan yang dewasa sudah lebih banyak kebutuhan mandiri nya dibanding yang masih kecil-kecil. Dan kami ga pernah jadiin itu masalah sih. Yang penting hepiii dapat "jatah uang" masing-masing. Kalau kata orang tua, harus bisa “nrimo” :)

Saya -yang paling kiri- dengan adik-adik sepupu
yang deket saya, sepupu saya yang paling kecil ;)

Saudara sepupu Jaman Now 

Berbeda dengan jaman kecil saya, anak-anak saya malah jauh lebih beruntung. Kenapa?

Saudara sepupunya sepantaran semua. Hahaha jadinya kalau lagi kumpul pasti heboh, yang satu ga ada, ditanyain, atau paling sering yang kecil, suka rebutan mainan sama sepupu sepantarannya :D 

Karena saya tinggal di Bogor, makanya anak-anak lebih sering ketemu dengan sepupunya yang dari keluarga suami. Jumlahnya ada 6 + 1 yang masih di dalam perut maminya.

Ki - ka : Kaka Nia dan Aqilah beda 2 tahun, tapi kayak seumuran ya? ;p
Main air di kali selokan :D
Mirip-mirip dan seperti seumuraaan semua yaaaa :D

Kalau dari keluarga saya, sepupunya Aqilah & Adip cuma ada 2. Kalau ketemu hanya pada saat lebaran atau libur sekolah di tempat Eyangnya di Purworejo. Setiap mau liburan, pasti selalu ditanyain sama Akak, kapan ke tempat Uti? Kapan libur? Mau ketemu kakak O… ^_^ 

Walau jarang ketemu gitu, tapi tetep selalu langsung akrab. Mungkin itu yang namanya saudara ya. Ada “kedekatan” sendiri dan langsung “klik” begitu ketemu :)

Ki - ka : Adip, kaka Zizi, Akak, dan Kakak O
bajunya kembaran biar ga iri-irian :D
Konflik Saudara Sepupu 

Meskipun masih kecil-kecil, pasti suka ada aja ya yang bikin jadi perseteruan mereka. Ga sampe jadi konflik keluarga sih, hehehe apalagi cuma rebutan mainan, atau rebutan mau liat youtube di hp. Kalau udah gitu pasti emak bapaknya yang turun tangan, ngingetin harus saling berbagi, kalau mau main harus sama-sama. :)

Habis rebutan, ada yang nangis, ada yang ngeledekin, ada yang cemberut, ada yang tertawa, tapi semuanya berakhir bahagia. Pasti maaf-maafan dan baikan lagi, main bareng lagi. Repeat. :)))

Tapi kadang, ketika anak sedang main sama saudara-saudaranya nih misalnya, saat itu anak membawa makanan, suka keceplosan, “Habisin makanannya, kak, biar si X gak minta”. >,<
Yang mungkin niatnya sih, biar ga jadi rebutan aja makanannya. Tapi kata-kata ini yang seharusnya harus diwaspadai oleh orang tua dalam mendidik anak. Ingatan pada anak di usia kecil secara tidak sadar akan dibawa menjadi sifat dia di usia dewasa, bisa saja nanti dia menjadi pribadi yang pelit, dan tidak mau berbagi. Duh, jangan sampe yaaaa :(

Makanya dari sekarang, saya selalu mengajarkan anak-anak pentingnya berbagi. Berbagi mainan, makanan, berbagi senyum, berbagi cerita, dll. Dengan berbagi juga mengajarkan anak untuk mengenalkan rasa sayang dengan saudaranya, rasa syukur akan kehidupan karena bisa punya banyak teman dan saudara yang baik. :) 

Oke, segitu aja cerita Saudara sepupu kali ini. Semoga cerita sepupu ini bisa membawa tiket premiere nonton film #KulariKePantai ya..aamiiin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar