Kamis, 22 Februari 2018

Dilan-da Dilan 1990.


Siapa yang udah nonton film Dilan, cung?!! 😄😄😄 
Atau nontonnya udah lebih dari sekali?! Hayo ngakuuu 😂😂
Atau malah belum nonton?? nih liat trailer Dilan 1990 dulu yaa 😉😉

Kalau yang belum nonton, trus mau baca blog ini, jangan nyesel yaaa..soalnya saya mau spoiler. hahahah
.
.
.
.
.
Sebelum spoiler, saya cerita dulu yaaa

Awalnya, saya pengen nonton Dilan bukan karena sudah pernah baca novelnya (saya baca novel Dilan 1990 setelah liat filmnya dan itupun atas paksaan pak suami kalau saya harus baca novelnya. haha). Nonton film ini bukan juga karena tulisan dari Pidi Baiq dengan "Rindu dan Berat" nya yang fenomenal 😁 Tapi, pengen nonton Dilan karena pemeran utama laki-lakinya si mas, eh dek Iqbaal CJR 😍😍 (Plis jangan bully makemak seperti saya ini yah haha)
Jadi, kalau tulisan ini subjektif banget ya harap maklum yaaa.. Karena saya memang "naksir" sama Iqbaal dari semenjak di CJR (tutup muka 😁)

Dibela-belain nonton yang jam setengah 3 di Bogor Square deket rumah, tapi jam 14.25 masih di stasiun nyari ojek --saya habis dari Jakarta. Dapet ojeknya, pake hujan gede di tengah jalan, brenti dulu pake jas hujan (untungnya saya bawa di tas), ngelewatin banjir lokal di tengah jalan...akhirnya sampe juga di mall nya jam 14.40. Pake lari ke bioskopnya, dan seneng bangeeet masih dibolehin beli tiket dan masuk. Yeaaayy!! 😆😆
.
.
.
.
.
Sampe di dalem bioskop, film sudah mulai di adegan monolognya si Milea.
Beruntungnyaaaaa masih dapet adegan yang paling penting (menurut saya, haha), adegan Dilan naik motor ketemu Milea di jalan dan meramal akan bertemu di kantin (bener kan, adegan paling penting dan fenomenal karena banyak dijadiin meme 😁😁)

Adegan ini  juga menurut saya adegan paling gemes, hahaha. Iya. Soalnya si Milea nya (masih) judess banget dan Dilan nya udah keliatan charming-gantenggg bangeeeeeetttt...lagi godain si Milea. Aaaah meleleh hati mamak 😚😚

Habis gitu, beberapa kali Dilan mendekati Milea, dan Milea masih cuek. 
Oiya, udah tau kan ya, karakter Dilan? Ketua geng motor dan terkenal preman di sekolahnya. Di awal film juga diceritain si Dilan itu seperti apa.
Adegannya pas Dilan naik motor bareng geng nya lagi mau adu tawuran gitu. Pake gerakan slow motion. olalaaa, ganteengnyaaa si Iqbaaal 😍😍😍
Dan si Milea ini anak pindahan dari Jakarta, lalu sekolah di Bandung. Punya pacar di Jakarta, Beni.

Hati Milea mulai meluluh ketika Dilan antar pulang Milea naik angkot -Milea sekolah dan pulang naik angkot-
Dialognya kurang lebih seperti ini, 
"Milea, kamu cantik tapi aku belum mencintaimu nggak tahu kalau sore, tunggu aja."
Cie cie Milea. 😅😅
Sejak turun dari angkot itu, Milea jadi terbayang-bayang dengan Dilan. Beni, pacarnya yang di Jakarta sudah mulai diacuhkan Milea.

Selama beberapa adegan gila nya Dilan dalam usahanya merebut perhatian Milea, ada satu yang aneh, adegannya di kelas Milea, Tembok papan tulisnya bergetar pas ada bu Guru yang menulis di papan tulisnya. Ga ngerti gimana, tiba-tiba tembok papannya itu runtuh begitu aja. Jebol dari kelas sebelahnya?!! (Entah saya yang ga ngeh atau memang ga ada yah, kejadian yang menjelaskan sebelumnya kenapa temboknya pengen dijebol Dilan. Tapi ternyata di novelnya ada ceritanya kenapa. Sedikit menjawab keganjilan saya. hmm.)

Dan puncaknya pas ulang tahun Milea, ucapan dan kado Dilan lah yang ditunggu-tunggu Milea. Ngasih kado juga sih akhirnya, ngucapin pula ke Milea dengan khas ide Dilan yang gila. Kadonya buku TTS!! Hahaha. 

Ga lama setelah Milea mulai merespon, eh Dilan nya cuek. Ngeselin ya?! Cowok tuh emang ga peka banget sih?! Hahaha jadi kesel gitu ke Dilan.
Gataunya, Dilan sangka kalau Milea jadian sama temen sekelasnya. Jadi Dilan bilang ke temen akrabnya, Piyan, 
"Jangan ganggu Milea. Dia sudah ada yang punya."  
Yang maksudnya, Milea sudah jadian sama temen sekelasnya itu, jadi dia gamau ganggu Milea lagi.
Duh.

Setelah tau kenapa Dilan menjauh, Milea ada acara ke Jakarta dengan teman-teman sekolahnya. Sayangnya pula, Dilan ga ikut. (Ga dijelasin juga kenapa ga ikut.)
Pas lagi makan siang di Jakarta, Milea kepergok sama Pacarnya, Beni, lagi makan berdua dengan teman cowoknya. Dasar Milea emang lagi mulai bosan dengan Beni, dia merespon kedatangan Beni dengan biasa saja. Beni jadi marah-marah dan menuduh Milea selingkuh dan mengatakan Milea itu pelacur.
Milea nangis. (iya, saya juga ikut menangis. sedih kenapa ga ada Dilan disitu. Harusnya Dilan ada untuk Milea. huhuhu )

Saat nangis itu, Milea jadi ingat Dilan. Karena suatu ketika, Dilan pernah bilang di telepon (kurang lebih seperti ini), 
"Jangan pernah bilang ke aku ada yang menyakitimu. Nanti orang itu akan hilang." 
Ah, Dilan, kenapa kamu ga ada saat itu? (penontonnya mulai drama, hahaha)

Selesai drama Beni dan Milea, Milea sakit karena kecapean. Dilan tau dan dibawanya tukang pijit buat Milea. Hihihi, lucu ya idenya Dilan. Perhatian bangeet. Pas adegan Dilan mau pulang, Milea cium tangan dengan tukang pijitnya itu yang ternyata tukang pijit langganannya bundanya Dilan (baca : udah akrab banget dengan Dilan dan keluarganya). Saat itu, Milea juga cium tangan ke Dilan.
(Seketika saya ingat kejadian saya dengan Dilan saya *eh 😙 
Belum ada ikatan, pertama kali ketemu setelah deket, langsung cium tangan 😌 seolah terhipnotis, dia pasti akan jadi imam saya kelak. hahaha, PD banget ya. Lah, malah curhat, hahaha.)

Nah, udah deket lagi nih Milea dan Dilan. Terhembus gosip lah kalau Dilan ke-gap temennya Milea kalau dia bonceng perempuan yang lagi ngejar Dilan.
Milea cemburu? 
Ngakunya sih iya, tapi setelah dijelaskan oleh Dilan dia hanya mengantar cewek itu karena ayahnya masuk rumah sakit, alesannya Dilan,
"Tidak mencintai bukan berarti harus membencinya, kan?"
Dilan, baik bangeet sih kamuuuu 😚

Di tengah kecemburuannya itu, Milea tak sengaja kenal dengan Bundanya Dilan. Mereka bertemu saat Bunda Dilan ke sekolah karena ada urusan dengan skorsing Dilan. (kan emang Dilan nya bandel banget, jadi sering di skors)
Sebenernya ada adegan ganjil juga nih di sini niiih. Pas saat Milea diajakin pulang bareng Bundanya Dilan. Settingannya di mobil, tapi keliatan banget di edit. Duuuh, ga bisa lebih natural sedikit apa yah. Jadi kurang sreg adegannya 😑😑 tapi gapapalah, Iqbal sih tetep ganteng 😂

Kelar sama si perempuan yang mengejar Dilan, ada lagi Kang Adi. Guru les privatnya Milea yang seorang mahasiswa ITB. Kang Adi PDKT juga sama Milea. Suatu saat ngajakin Milea jalan-jalan ke ITB. Milea sempat menolak. 
Milea cerita kalau diajak jalan Kang Adi.
Dilan cemburu?
Bilangnya sih gini, 
"Cemburu itu untuk orang-orang yang sedang tidak percaya diri. Dan aku sedang tidak percaya diri sekarang."
Duuuh ampuuun Dilan lagi cemburu aja puitis 😍

Jadi Milea janji ga akan jalan sama Kang Adi.
Tapinya Milea terjebak situasi harus jalan sama Kang Adi. Ah pokoknya jadi kesel, kenapa Milea harus jalan sama Kang Adi. Padahal udah janji sama Dilan ga akan nerima ajakannya.
Mengutip monolognya Milea, seketika bangunan-bangunan indah yang dibangun Milea dengan Dilan langsung runtuh dan hancur. Milea mengkhianati janjinya ke Dilan. Huhuhu, baper lagi. 😔😁

Tapi endingnya sudah bisa ditebak kok, apalagi pas percakapan di telepon terakhirnya, Dilan bilang nitip 2 materai yang harus dibawa saat Milea ke sekolah.
Pernyataan yang dikasih materai itu sayangnya (menurut saya) ga sepuitis gombalan-gombalan Dilan lainnya. Tapi Iqbal ganteng, teteup. Hahaha.
Eh ada juga sih, obrolan Dilan dan Milea tentang rindu yang mengingatkan saya sama Dilan saya, (tenang, ini bukan yang rindu itu berat, Dilan saya ga sepuitis itu, haha)
"Dilan, aku rindu."
"Sama. Aku juga rindu."
"Rindu sama siapa?"
"Aku juga rindu sama Dilan."
Ngeselin ya, hahaha.
.
.
.
.
.
.
Udah ah,
Spoilernya segitu aja.
Kalau menurut saya sih, filmnya bagus. Ga membosankan. Dari dialog percakapan, gombalannya Dilan, juga setingan tempatnya. Mungkin bagi yang punya kenangan di Bandung jadi bisa sekalian nostalgia jalanan Bandung. Dan kemasannya menarik. Karena di seting jaman 90-an tapi dengan wajah-wajah pemain yang baru dan enak dipandang (jangan ditanya lagi siapa yang paling enak dipandang, hahaha)
Satu lagi, tentang pemainnya. Awalnya saya udah underestimate sama si ganteng Iqbaal. Sudah pasti jual tampang doang untuk Dilan. Nyatanya dia bisa juga berakting "sangar" dan ga selalu "manis".😊

Nah, kalau ditanya, Dilan saya siapa. Dilan saya ya yang mengijinkan saya untuk nonton film ini, tanpa anak-anak. Yang mengijinkan saya mengagumi pemeran utamanya. hahaha. Terimakasih ayaaah 😘😘😘
Trus, kalau ditanya, Mau nonton lagi gak?
Mauuuuuuuu..#belumbisamoveon 😂😍😍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar